Mosul,LiputanIslam.com-Perdana Menteri Irak menyatakan hari ini, Selasa (11/7) sebagai hari libur resmi dalam rangka bebasnya Mosul dari ISIS.

Pemerintah Irak juga menetapkan berlangsungnya perayaan selama satu minggu di semua organ pemerintahan dan kementerian Irak. Di sisi lain, berbagai pihak merilis statemen pasca kemenangan atas kelompok teroris ISIS.

Senin sore kemarin (10/7), perdana menteri Irak, Haider al-Abadi, menyampaikan pidato di Mosul. Dalam pidato yang disiarkan secara langsung oleh sejumlah televisi ini, al-Abadi menyebut kemenangan ini sebagai buah dari upaya semua lapisan di Irak. Dia mengatakan, kemenangan ini diperoleh berkat dukungan para marja’ dan rakyat kepada para pejuang Irak.

Gerakan Muqtada Shadr dalam statemennya menyatakan, pembebasan Mosul dari cengkeraman ISIS adalah sebuah kemenangan besar nasional.

Falih Fayyadh, ketua delegasi relawan rakyat Irak, mengatakan,”Kemenangan di Mosul akan menjadi landasan bagi tahap baru stabilitas dan keamanan di Timteng dan dunia.”

Front Aliansi Nasional dan partai al-Daawah Irak melalui statemen terpisah menyampaikan ucapan selamat kepada warga Irak, para marja’, tentara, dan kelompok relawan rakyat atas keberhasilan ini. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL