Foto: tasnimnews

Foto: tasnimnews

Manama,LiputanIslam.com-Media-media Arab memberitakan, dalam pertemuan Dewan Kerjasama Teluk Persia (GCC) di Bahrain, Syekh Sabah al-Ahmad al-Jabir al-Sabah mengatakan,”Inggris adalah sekutu lama negara-negara Arab di Teluk Persia. Kami berupaya untuk meningkatkan kerjasama dengan negara ini.”

Dia menambahkan, sejumlah peristiwa internasional telah mengukuhkan kuatnya hubungan antara Inggris dan negara-negara Arab Teluk.

“Kami dan Inggris memiliki beberapa tantangan yang sama. Hal inilah yang menjadi motif kami untuk menjalin kerjasama dan koordinasi,”ungkap Emir Kuwait.

Di lain pihak, Theresa May menyatakan, ada peluang-peluang yang akan dimanfaatkan Inggris dan negara-negara sekutunya di Teluk Persia.

“Keamanan di Teluk Persia adalah keamanan Inggris pula,”jelasnya.

May menambahkan, pemerintahnya dan negara-negara Arab harus berkoordinasi untuk mengatasi masalah-masalah keamanan. Sebab itu, Inggris menjalin kerjasama permanen dengan GCC.

May menegaskan, Inggris akan membantu negara-negara anggota GCC untuk menghadapi Iran.

Sekjen GCC, Abdul Latif al-Ziyani, mengatakan,”Kerjasama dengan Inggris sangat penting dan strategis untuk kepentingan regional.”

Terkait masalah Yaman, dia berkata,”Kami akan berusaha mengadakan seminar internasional untuk merekonstruksi Yaman.”

Al-Ziyani mengatakan hal ini tanpa menyinggung sedikit pun soal dampak destruktif agresi Saudi ke Yaman selama 20 bulan ini. (af/tasnimnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL