Gaza,LiputanIslam.com-Seorang jurnalis Israel mengungkap keterlibatan para pilot Uni Emirat Arab (UEA) dalam gempuran atas Jalur Gaza. Edy Cohen dalam laman Twitter-nya menyatakan,”Pilot-pilot UEA ikut serta dalam serangan ke Gaza beberapa pekan lalu. Hal itu dilakukan dalam rangka latihan pilot UEA untuk menerbangkan jet-jet modern F-35.”

“Apakah Dhahi Khalfan (deputi komandan polisi Dubai) bisa mengingkari keikutsertaan pilot UEA, yang berlatih untuk menerbangkan F-35, dalam serangan ke Jalur Gaza tiga pekan lalu? Saya menantangnya untuk mengingkari fakta ini,”lanjutnya.

Sebelum ini, media-media Rezim Zionis pada 5 Juli mengabarkan lawatan sebuah delegasi UEA ke Tel Aviv untuk melihat-lihat jet F-35 buatan AS.

Seorang sumber Arab mengatakan kepada stasiun Israel, 24News, bahwa delegasi utusan angkatan udara UEA itu didampingi seorang pejabat tinggi militer AS.

Menurut stasiun tersebut, kunjungan itu bertujuan mengetahui kemampuan jet terbaru F-35. Angkatan udara Israel difasilitasi dengan jet-jet itu dan para petinggi Rezim Zionis memamerkan serta merekomendasikannya kepada militer UEA.

Israel adalah pihak yang pertama kali membeli F-35 dari AS pada 2017 lalu. Kini AS, dengan perantaraan Israel, tengah berupaya menjual jet-jet itu ke sejumlah negara di Teluk Persia. (af/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*