Anbar,LiputanIslam.com—Petugas keamanan setempat melaporkan sedikitnya sembilan orang tewas di provinsi Anbar, Irak, Senin (12/11) usai para penembak menyerang rumah seorang anggota milisi bermazhab Sunni.

Kapten Misha’an Hazemawi dan delapan orang lainnya tewas ketika para penembak menyerbu rumah Hazemawi di dekat distrik Karma, sekitar 16 km (10 mil) timur laut Falluja.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi dua sumber keamanan, berdasarkan keterangan dari Reuters, mengatakan militan Daesh berada di belakang insiden ini.

Sejumlah kecil militan ISIS masih beroperasi di daerah itu dan mampu meluncurkan serangan sporadis, kata pejabat keamanan Irak.

Perwira itu adalah anggota Pasukan Mobilisasi Tribal, jaringan milisi Sunni yang mendukung pemerintah dalam perang melawan Daesh, kata sumber-sumber keamanan.

Daesh, yang menguasai sebagian besar Irak utara pada tahun 2014, kehilangan sebagian besar provinsi Anbar usai mereka dikalahkan oleh para pasukan keamanan Irak.

Irak menyatakan kemenangan atas Daesh pada bulan Desember 2017, tetapi para pejabat keamanan mengatakan militan cenderung melancarkan pemberontakan meski sudah berhasil dikalahkan.

Para pejuangnya terus melakukan kampanye penculikan dan pembunuhan, terutama di provinsi Kirkuk, Diyala dan Salahuddin.(fd/memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*