Jalawla,LiputanIslam.com—Pasukan Peshmerga melakukan operasi militer terhadap kelompok militan ISIS di Jalawla, wilayah sebelah Barat Daya Kota Khanaqin, Provinsi Diyala, Irak.

Reporter NRT, Garmyan Hamaypur, melaporkan pada Rabu (16/8) bahwa pasukan Peshmerga telah berhasil merebut kembali Desa Islahiya, Jalawla, yang sebelumnya diduduki oleh ISIS.

Pasukan keamanan Kurdi juga turut andil dalam operasi militer ini. Garmyan melaporkan bahwa bentrokan antara pasukan dan ISIS terjadi pada pagi hari. Anggota militan ISIS sempat meluncurkan serangan ke sebuah pabrik di Jalawla. Selain itu, mereka juga menyandera dua orang buruh pabrik.

Jalawla merupakan wilayah multikultural yang berada di Provinsi Diyala, sekitar 185 km sebelah utara Ibu Kota Irak, Baghdad. Di Jalawla, orang-orang Kurdi, Turki, dan Arab hidup bertetangga. Tapi, konflik pun akhirnya memisahkan mereka.

Jalawla, juga dikenal sebagai Gulala, merupakan daerah yang telah dibebaskan oleh pasukan Peshmerga pada Juni 2014. Tetapi, Agustus di tahun yang sama, ISIS kembali berhasil merebut wilayah tersebut. (fd/NRT)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL