Gaza,LiputanIslam.com-Menurut seorang penulis dan periset politik Palestina, Yahya Sinwar (seorang petinggi Hamas) melalui statemen terakhirnya ingin mengumumkan kepada dunia, bahwa Iran dan lembaga internalnya, termasuk IRGC dan pasukan a-Qods, adalah contoh nyata dukungan terhadap muqawamah (resistansi).

Hal ini dinyatakan Hamzah Abu Shanab dalam wawancara dengan kanal televisi al-Mayadeen. Topik yang dibahas adalah analisis atas statemen Yahya Sinwar terkait pertemuan dan perbincangannya dengan Qassem Soleimani.

Abu Shanab menilai, pengumuman Hamas tentang perbincangan kedua tokoh tersebut pada saat seperti ini mengandung sejumlah pesan.

“Sejak pulihnya hubungan antara Hamas dan Iran-Hizbullah, sebagian orang berusaha mengesankan bahwa hubungan ini tidak memiliki tujuan jelas. Mereka menafsirkan hubungan baik ini dengan esensi yang tidak benar. Sebab itu, Sinwar dengan pernyataannya ingin mengumumkan bahwa hubungan Hamas dan Iran sangat kuat dan kukuh,”jelas Abu Shanab.

Pesan selanjutnya dari Sinwar, yang ditujukan kepada rakyat Palestina, adalah bahwa hubungan Hamas-Iran dilandasi asas muqawamah dan dukungan kepada poros perlawanan, tutur Abu Shanab.

Abu Shanab mengatakan, Sinwar dengan statemennya juga mengirim pesan bahwa semua konflik regional harus segera diakhiri dan semua pihak harus berkonsentrasi kepada al-Quds, karena al-Quds bisa menyatukan semua pihak.

Pesan terakhir Sinwar, menurut Abu Shanab, adalah bahwa Hamas menjalin dan memperkuat hubungan hanya dengan pihak yang membela poros muqawamah, bukan dengan mereka yang ingin menormalisasi hubungan dengan Israel.

“Sinwar ingin mengumumkan kepada dunia, Iran dan semua lembaga internalnya, termasuk IRGC dan pasukan al-Qods, adalah contoh nyata pembelaan terhadap perjuangan (Palestina),”tandas Abu Shanab.

Dia menilai, salah satu indikator meningkatnya hubungan Iran-Hamas adalah bahwa Iran kini tak hanya menjalin kontak dengan petinggi militer Hamas saja, namun juga dengan para petinggi politiknya. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL