Beirut,LiputanIslam.com-Seorang perwira sekaligus analis masalah keamanan militer Israel menyatakan, angkatan laut negaranya sedang berupaya meningkatkan skill demi menyeimbangi kemampuan tempur Hizbullah. Hal ini dinyatakan Yusa Milman dalam artikelnya di harian Israel, Maariv. Demikian dikutip dari situs Lebanon, al-Ahed.

Milman dalam artikelnya menulis,”Bukan hanya di medan gas, Israel juga terancam bahaya di medan-medan bahari yang lain. Hamas memiliki kemampuan bahari kuat dan terus berusaha meningkatkannya. Mereka mengirim empat penyelam dalam salah satu operasi mereka untuk menyusup ke Israel. Menurut pengakuan seorang perwira militer, mereka (Hamas) memiliki kemampuan baik dalam hal ini. Sebab itu, kita telah mengambil langkah guna menciptakan sistem yang bisa melacak para penyelam Hamas.”

Menurut Milman, berdasarkan info dari angkatan laut Israel, Hamas mempunyai puluhan serdadu AL yang kemahirannya telah meningkat.

Terkait prioritas angkatan laut Israel, atau secara keseluruhan, militer Israel, Milman menegaskan bahwa Hizbullah adalah target utama mereka. Menurutnya, hal ini disebabkan hubungan langsung Hizbullah dengan Iran. “Hizbullah adalah musuh kita yang paling modern,”ujarnya.

Milman menyatakan, Israel harus mempersiapkan skenario untuk mengantisipasi penyusupan para penyelam Hizbullah, karena mereka dilengkapi dengan perangkat modern. “Namun, ancaman utama kita adalah rudal-rudal laut milik Hizbullah yang menghancurkan kapal-kapal kita di perang 2006,”tegasnya. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL