Brussel,LiputanIslam.com-Uni Eropa tampaknya menunjukkan keseriusan untuk berkomitmen pada JCPOA. UE menyatakan, perusahaan-perusahaan Eropa yang berniat keluar dari pasar Iran usai adanya ancaman Donald Trump, akan dijatuhi sanksi-sanksi dari UE.

Natalie Tocci, penasihat Federica Mogherini (staf kebijakan luar negeri UE), dalam wawancara dengan kanal 4 Radio BBC mengatakan,”Jika perusahaan-perusahan Eropa mengikuti langkah AS (dalam mengembargo Iran), mereka akan mendapat sanksi dari UE.”

Menurut Tocci, langkah ini penting diambil untuk “menyampaikan pesan diplomatik kepada Iran bahwa UE serius untuk menjaga kesepakatan nuklir (JCPOA).”

Mogherini pada Selasa (7/8) juga menegaskan, UE akan mendorong perusahaan-perusahaan kecil dan menengah Eropa untuk menjalin hubungan dagang dengan Iran, sehingga rakyat Iran bisa merasakan manfaat ekonomi dari JCPOA.

Seiring dengan diberlakukannya embargo sepihak AS atas Iran, UE pada Senin lusa juga mengaktifkan “aturan kontraembargo” guna menghadapi embargo Washington.

Mogherini, beserta para menlu Jerman, Prancis, dan Inggris, mengutarakan keprihatinan atas pemberlakuan kembali embargo AS usai keluarnya Washington dari JCPOA.

“Kami bertekad untuk menjaga para aktivis ekonomi Eropa yang tengah melakukan kegiatan dagang legal dengan Iran. Oleh karena itu, “aturan kontraembargo” yang sudah diupdate akan diberlakukan mulai Selasa (7/8). Aturan ini berfungsi melindungi perusahaan yang bekerjasama dengan Iran dari dampak embargo AS,”demikian isi pernyataan bersama Mogherini dan para menlu Eropa. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*