Stockholm, LiputanIslam.com–Sebuah perusahaan Swedia, Epicenter, rutin menenam miscrochip di tubuh karyawan mereka. Microchip sebesar biji beras tersebut berfungsi seperti kartu gesek untuk membuka pintu, mengoperasikan printer, atau memberli minuman dengan hanya melambaikan tangan.

Penanam dilakukan dan menusuk jarus suntik di antara jempol dan jari telunjuk. Lalu, dengan satu kali ceklikan, sebuah microchip tertanam di tangan karyawan.

Microchip seperti ini diketahui telah menjadi populer di kalangan pekerja di Epicenter.

“Manfaat terbesarnya saya kira untuk kegiatan jual-beli,” kata Patrick Mesterton, pendiri dan CEO Epicenter. Sebagai demonstrasi, dia membuka pintu hanya dengan melambaikan tangan.

“Pada dasarnya hal ini mengganti semua yang Anda punya, seperti kartu kredit dan kunci.”

Namun, di balik teknologi yang canggih itu, terdapat isu keamanan dan privasi. Meskipun penanaman seperti itu aman secara biologis, data yang dibawa chip dapat memperlihatkan kapan si karyawan masuk kerja atau apa yang mereka beli. Tidak seperti kartu gesek di perusahaan lain, seseorang tidak dapat melepaskan chip dari tubuh mereka dengan mudah.

Epicenter, perusahaan yang menaungi lebih dari 100 anak perusahaan, memiliki sekitar 2.000 pekerja. Mereka mulai mengimplasi karwayannya dari bulan Januari 2015. Kini, sekitar 150 pekerja Epicenter tertanam microchip.

Ben Libberton, seorang ahli mikrobiologis di Institur Karolinska, mengatakan bahwa peretas bisa mendapat infromasi dari microchip tersebut.

“Data yang dapat Anda kumpulkan dari sebuah chip yang tertanam di tubuh jauh berbeda dibanding yang dapat Anda kumpulkan dari smartphone,” katanya. “Secara konsep, Anda bisa mendapat data tentang kesehatan, lokasi Anda, seberapa sering Anda masuk kerja, seberapa lama Anda bekerja, kapan Anda pergi ke toilet di tengah jam kerja, dan hal-hal seperti itu.”

Libberton menilai, jika data seperti itu dikumpulakn, pertanyaan utamanya adalah apa siapa yang menggunakannya, dan dalam tujuan apa. (ra/mintpress)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL