Tel Aviv,LiputanIslam.com-Seorang politikus Rezim Zionis menyatakan, tahun lalu perdana menteri Israel telah menemui presiden Mesir. Dia mengklaim, pertemuan rahasia itu semestinya bisa merubah wajah Timteng.

Yitzhak Herzog, pemimpin oposisi Israel, mengatakan,”Saya dan Netanyahu menemui para pemimpin Arab yang seharusnya bisa berujung pada perubahan wajah Timteng. Namun para radikal dari partai Netanyahu (Likud) menyia-nyiakan semua upaya yang telah dikerahkan.”

Menurut situs Israel Times, hal ini diutarakan Herzog setelah harian Haaretz mengabarkan pertemuan rahasia Netanyahu, Herzog, dan Abdul Fattah Sisi pada tahun lalu. Tiga orang ini berbicara tentang proses perdamaian Arab-Israel.

Herzog mengaku, dalam pertemuan tersebut telah disiapkan sebuah dokumen yang bisa merubah wajah Timteng. “Saat itu, Netanyahu menyampaikan sejumlah poin kepada para pemimpin Arab yang tak diungkapkannya kepada rakyat Israel,”kata Herzog.

Dia menyatakan, kendati sejumlah kemajuan telah dicapai dalam perundingan tersebut, namun masuknya anggota partai Likud ke kabinet Netanyahu telah menggagalkan semua upaya yang dikerahkan.

Haaretz mewartakan, pada April 2016 Netanyahu dan Herzog bersama sejumlah pejabat dan konsultan keamanan pergi ke Kairo di malam hari dengan pesawat khusus. Mereka langsung menuju istana kepresidenan Mesir untuk menemui Sisi. Delegasi ini kembali ke Tel Aviv dini hari setelah mendapat suntikan semangat Sisi untuk melanjutkan proses tersebut.

Laporan Haaretz dipublikasikan di saat Donald Trump mengawali upaya untuk menghidupkan perundingan damai Israel-Palestina. Upaya ini dilakukan dengan kerjasama negara-negara Arab ‘moderat.’ (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL