Washington,LiputanIslam.com-Menjelang pertemuan antara Vladimir Putin dan Donald Trump, media-media Amerika mengungkap kekhawatiran mereka terkait hasil pertemuan tersebut. Mereka khawatir, Rusia (yang direpresentasikan Putin) akan ‘mengungguli’ Amerika (yang diwakili Trump).

Presiden Rusia dan Amerika ini direncanakan bertemu Jumat ini (7/7) dalam rapat G-20 yang diadakan di Hamburg, Jerman.

Kantor berita Blomberg membandingkan kepribadian dan pengalaman Putin dengan Trump. Menurutnya, para diplomat dan analis berpengalaman Amerika khawatir, ini akan menjadi pertemuan yang tidak seimbang. Sebab salah satu pelaku pertemuan adalah presiden pemula dan amatir, sedangkan pihak lainnya adalah mantan mata-mata dan sangat berpengalaman dalam urusan kenegaraan dan strategi.

Blomberg menyatakan, Trump adalah seorang amatir dalam hal diplomasi. Dia akan menjumpai orang yang piawai meracik siasat. “Pertemuan ini akan menentukan hubungan dua negara dalam empat tahun ke depan. Putin sudah terlibat politik sejak 1999 baik sebagai perdana menteri atau presiden. Tiap kali bertemu dengan kepala negara yang lebih unggul darinya, Putin akan berusaha mengunggulinya.”

Dalam pertemuan ini, yang membetot perhatian adalah pola pikir dan diplomasi kedua presiden. Putin menunjukkan dirinya sebagai seorang ahli taktik ulung. Dia siap melakukan pekerjaan apapun dan tidak mudah teralihkan dari tujuannya. Di lain pihak, Trump adalah orang yang enggan mempersiapkan diri sebelum bernegosiasi.

Seorang pejabat Amerika mengatakan kepada Blomberg, Trump tidak menepis kemungkinan munculnya konflik dengan Putin. Terutama setelah Rusia dituduh melakukan serangan cyber dan mengintervensi pemilu Amerika.

Tujuan utama Putin dari pertemuan ini adalah memulihkan hubungan dengan Amerika. Seorang pejabat dari Komite Pertahanan Majlis Tinggi Rusia mengatakan,”Saya mengandalkan pengalaman Putin dalam membuat kesepakatan internasional dan menjalin hubungan pribadi dengan para tokoh dunia. Dia selalu berhasil dalam hal ini.” (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL