Sana’a,LiputanIslam.com—Pertempuran antara tentara Arab Saudi melawan Gerakan Houthi Ansarullah Yaman di wilayah Nihm, sebelah utara Ibu Kota Sana’a, Yaman, telah menyebabkan puluhan orang meninggal dunia.

Petugas kesehatan Yaman menyampaikan pada Sabtu (3/3) bahwa lebih dari 55 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka dalam pertempuran yang berlangsung antara kelompok Houthi melawan tentara Arab Saudi di Yaman. Sementara itu, sumber lainnya menambahkan bahwa total korban meninggal dunia dari kedua belah pihak mencapai 25 orang.

Para petinggi kelompok Houthi menolak klaim tentara Arab Saudi yang mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan kemenangan dalam pertempuran tersebut.

Tentara Arab Saudi yang bertempur melawan kelompok Houthi adalah sekelompok orang bersenjata yang berada di pihak mantan Presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi, yang telah mengundurkan diri di tengah konflik yang terjadi pada Maret 2015 silam, serta melarikan diri ke Arab Saudi.

Setelah kedatangan Abd Rabbuh Mansur Hadi, Arab Saudi pun mulai melancarkan kampanye militernya atas Yaman dengan tujuan mengembalikan kepemimpinan Mansur Hadi, serta memberantas kelompok Houthi.

Sampai saat ini, kampanye militer di Yaman telah menyebabkan 13.600 orang meninggal dunia dan jutaan lainnya telah mengungsi ke negara yang lebih aman. Tak hanya itu, perang juga telah menyebabkan Yaman dilanda krisis kemanusiaan terburuk sepanjang sejarah.(fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*