London,LiputanIslam.com-Dikutip dari Guardian, pemerintah Inggris dikabarkan mengangkat seorang menteri yang khusus ditugaskan untuk menanggulangi bunuh diri di negara tersebut.

Tampaknya ini adalah kali pertama di dunia sebuah negara menugaskan seorang menteri untuk misi tersebut, Perdana Menteri Inggris, Theresa May, mengumumkan bahwa Jackie Doyle-Price akan ditempatkan di pos ini.

“Saat dipilih sebagai perdana menteri, saya berdiri di anak tangga Downing Street dan berjanji untuk memerangi ketidakadilan di tengah masyarakat. Ada ketidakadilan terhadap para pengidap gangguan mental. Kita bisa bekerjasama untuk mengubah hal ini. Kita bisa melenyapkan aib yang membuat banyak orang bungkam dalam penderitaan ini. Saya menyadari betapa bunuh diri bisa sangat merusak keluarga dan masyarakat,”kata May, dalam pidatonya menyambut Hari Dunia Kesehatan Mental.

Doyle-Price dikabarkan akan menyusun program untuk mengatasi angka bunuh diri di Inggris. Dia juga akan menyelidiki, apakah ada teknologi yang bisa mengidentifikasi orang-orang yang terancam bahaya bunuh diri atau tidak.

Setiap tahun sekitar 4500 orang kehilangan nyawa akibat bunuh diri di Inggris. Bunuh diri adalah salah satu penyebab utama kematian kaum pria di bawah 45 tahun di negara tersebut.

Sebelum ini, data-data Pusat Statistik Nasional menunjukkan, angka bunuh diri di kalangan remaja Inggris dan Wales meningkat hingga 67 persen dari tahun 2010 hingga 2017.

Pada tahun 2010, jumlah remaja yang melakukan bunuh diri mencapai angka 112 orang. Sementara di tahun 2017, sebanyak 187 remaja di bawah usia 19 tahun kehilangan nyawa akibat bunuh diri. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*