Teheran,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Iran, melalui akun medsosnya, memberikan peringatan kepada negara-negara Arab dan Muslim. Peringatan ini disampaikan Mohammad Javad Zarif menyusul tindakan presiden AS yang mengakui hak Israel atas Dataran Tinggi Golan.

“Deklarasi ilegal Trump terkait Golan Suriah, satu tahun setelah (deklarasi serupa) tentang al-Quds, adalah sebuah peringatan keras bagi saudara-saudara Arab dan Muslim kami. AS dan Israel terlihat mengulurkan tangan persahabatan kepada kalian. Namun serendah apa pun kalian tunduk di hadapan mereka, AS dan Israel tetap akan mencuri tanah-tanah kalian,”cuit Zarif dalam akun Twitter-nya.

Menlu Iran memposting foto presiden AS bersama Benyamin Netanyahu (PM Israel) dan para pejabat Gedung Putih, yang memperlihatkan saat mereka menandatangani klaim sepihak atas Golan.

Resolusi 497 Dewan Keamanan PBB pada 1981, yang didukung mayoritas anggota dewan, termasuk AS sendiri, menolak secara mutlak klaim Rezim Zionis atas Golan. PBB menyatakan, penggabungan Golan ke kawasan jajahan Palestina adalah tindakan ilegal.

Dataran Tinggi Golan adalah bagian dari provinsi Quneitra, Suriah. Israel menduduki kawasan itu pada Perang Enam Hari tahun 1967, kemudian secara sepihak mengklaimnya sebagai bagian dari wilayahnya pada 1982. Masyarakat internasional sama sekali tidak pernah mengakui klaim Rezim Zionis ini. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*