Washington,LiputanIslam.com-Para hacker dikabarkan telah meretas email Yousef al-Otaiba, dubes Emirat untuk Amerika. Mereka mencuri informasi penting di dalamnya dan membocorkannya kepada sebuah harian Amerika.

Menurut laporan al-Jazeera, juru bicara kedubes Emirat di Washington telah mengkonfirmasi kabar ini. Al-Jazeera mengabarkan, sejumlah dokumen yang dicuri dari surel itu menunjukkan, Emirat telah menentukan anggaran khusus guna mendiskreditkan sebagian sekutu Amerika. Meski al-Jazeera tidak menyebut nama negara tertentu, namun tampaknya yang dimaksud adalah Qatar.

Para peretas surel dubes Emirat ini diberitakan berada di Rusia. Mereka menyerahkan isi surel tersebut kepada harian Daily Post pekan lalu. Harian ini lalu memutuskan untuk mempublikasikannya hari Sabtu (3/6).

Jurnalis al-Jazeera melaporkan, dokumen-dokumen itu berisi pertukaran informasi antara dubes Emirat dan pihak kedua sejak 2014 hingga bulan lalu. Al-Otaiba disebut-sebut menjalin kontak dengan sejumlah biro humas guna mendikreditkan citra sebagian negara sekutu Amerika.

Kepala Pusat Arab di Washington, Khalil Jahshan, mengatakan kepada al-Jazeera, ada kemungkinan bahwa kedubes Emirat akan membela diri. Bisa saja mereka akan menuduh sejumlah pihak telah menyebarkan hoax terkait masalah ini. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL