Washington,LiputanIslam.com-Sebuah media Amerika pada hari Rabu (7/6) menulis,”Pentagon menegaskan bahwa sikapnya tidak sama dengan kebijakan Trump. Pentagon juga menyatakan keheranannya atas perubahan sikap presiden Amerika terhadap Qatar.”

Menurut Huffington Post, sepanjang pekan ini, sikap Trump bertentangan dengan kebijakan yang diambil Kemenlu Amerika terkait Timur Tengah, khususnya Saudi dan Qatar.

Seperti diketahui, awal pekan ini sejumlah negara Arab telah memutus hubungan diplomatik dengan Qatar. Mereka beralasan bahwa Qatar mendukung Ikhwanul Muslimin yang dianggap Saudi sebagai kelompok teroris.

Namun, cuitan-cuitan Trump dalam akun Twitter-nya berlawanan dengan kebijakan resmi pemerintah Amerika terhadap Qatar.

Jeff Davis, jubir Kementerian Pertahanan Amerika, berkata kepada para wartawan,”Saya tidak bisa mengatakan apa pun dalam hal ini. Yang bisa saya katakan adalah, Amerika memiliki pangkalan militer di Qatar dan selalu siap melakukan operasi militer di sana.”

Davis memuji Qatar atas komitmennya dalam menjaga keamanan regional.

Heather Nauert, jubir Kemenlu Amerika, juga menegaskan hubungan baik Amerika-Qatar. “Dubes Amerika di Doha, Dana Smith, dalam akun Twitter-nya mengatakan bahwa dua negara memiliki hubungan kerjasama,”kata Nauert. (af/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL