Washington,LiputanIslam.com-Harian Korsel, Chosun Ilbo, mengabarkan, jika perundingan terkait biaya yang mesti ditanggung Korsel untuk penempatan militer AS di negaranya gagal, Washington berencana untuk menarik 4 ribu serdadunya dari Korsel.

Dilansir oleh Reuters, Mark Esper (menteri pertahanan AS) mengaku dirinya tidak tahu menahu soal rencana penarikan tersebut.

“Saya tidak mendengar kabar ini. Saya kerap membaca laporan-laporan di media yang entah itu tidak benar, tidak akurat, atau terlalu dibesar-besarkan,”kata Esper saat ditanya wartawan di Vietnam.

Baca: Anak-anak Yaman Turun ke Jalan, Minta Perang Yaman Segera Berakhir

Saat ditanya apakah ada ancaman untuk menarik keluar serdadu AS dari Korsel, Esper menjawab,”Kami tidak mengancam para sekutu kami dalam masalah ini. Ini hanyalah sebuah perundingan.”

Sebelum ini, dikabarkan bahwa dalam perundingan Selasa (19/11) lalu, delegasi AS meminta agar Korsel menyiapkan 5 milyar dolar sebagai biaya penempatan serdadu AS di negara tersebut.

“Jika Korsel enggan memberikan nominal ini, pemerintahan Trump akan menarik keluar satu brigade (3000-4000 personel) dari Korsel,”kata seorang pejabat AS.

Saat ini, lebih dari 28 ribu serdadu AS ditempatkan di Korsel. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*