Washington,LiputanIslam.com-Media-media Amerika memberitakan sikap kontradiktif antara pejabat Gedung Putih dan Pentagon. Keduanya berbeda pandangan terkait peringatan kepada Suriah soal penggunaan senjata kimia.

Sejumlah media seperti New York Times menulis, di saat Gedung Putih merilis statemen yang berisi ancaman terhadap pemerintah Suriah, para pejabat Pentagon justru menyatakan, mereka tidak tahu kalau pemerintah Suriah berniat menggunakan senjata kimia.

Gedung Putih mengklaim, “Amerika mengawasi persiapan pemerintah Suriah untuk melakukan serangan kimia.” Namun, klaim ini ditepis mentah-mentah oleh Suriah.

Dalam klaimnya, Gedung Putih menyatakan, jika Bashar Assad kembali menggunakan senjata kimia, maka dia dan tentara Suriah akan mendapat pembalasan setimpal.

Namun menurut situs Buzzfeed, sebuah tim militer Amerika, termasuk para petinggi di pusat komando tentara Amerika, menyatakan keheranannya terhadap ancaman Gedung Putih kepada Assad. Mereka menyatakan tidak tahu menahu soal statemen yang disampaikan Gedung Putih kepada Suriah.

Situs ini melaporkan, para petinggi militer yang dikonfirmasi tentang masalah ini menegaskan, mereka tidak punya informasi sedikit pun bahwa Assad akan menggunakan senjata kimia.

New York Times menyatakan, statemen Gedung Putih ini membuat takjub kalangan militer di Amerika.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan Amerika enggan menjawab pertanyaan para wartawan soal statemen ini. Para wartawan diminta untuk meminta penjelasan langsung dari Gedung Putih yang merilis statemen tersebut. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL