Potret para pengungsi Rohingya di Kamp Kutupalong, Bangladesh.

Kutupalong,LiputanIslam.com—Para pengungsi Rohingya yang tinggal di Kamp pengungsi Kutupalong-Bangladesh, menggelar aksi protes dan meminta PBB agar melindungi hak mereka kembali ke Myanmar sebagai warga negara Myanmar.

Aksi jalan kaki yang berlangsung pada Minggu (29/4) itu bertepatan dengan kunjungan empat hari yang dilakukan oleh perwakilan DK PBB ke Bangladesh dan Myanmar untuk melihat secara langsung dampak pengusiran kelompok minoritas Muslim Rohingya dari wilayah mayoritas penganut Budha, Myanmar, atau yang oleh masyarakat dunia disebut sebagai pembersihan etnis Rohingya.

“Kami berharap DK PBB segera melakukan investigasi independen terhadap berbagai kesulitan yang kami alami serta memecahkan kesulitan-kesulitan tersebut,” ucap Abdul Rahim, salah satu demonstran pengungsi Rohingya di Kamp Kutupalong.

Delegasi PBB itu telah tiba di Bangladesh pada Minggu pagi untuk mengamati situasi ribuan pengungsi Rohingya yang telah melarikan diri dari kekerasan yang terjadi di negara mereka, Myanmar. Rencananya, delegasi PBB itu akan langsung melakukan wawancara terhadap para pengungsi sebelum mereka pergi ke Myanmar dan mengunjungi Rakhine, daerah tempat tinggal orang-orang Rohingya sebelum pengusiran berlangsung. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL