Ghouta,LiputanIslam.com—Konvoi internasional pengiriman bantuan, berupa 247 ton makanan dan obat-obatan, ke Ghouta Timur berjalan sukses. Kesuksesan ini digambarkan oleh Vladimir Zolotuhin, jubir Pusat Rekonsiliasi Rusia di Republik Arab Suriah pada Selasa (7/3). Ia mengatakan bahwa operasi pengiriman makanan dan obat-obatan ke Ghouta berjalan sukses. Semua kendaraan pengangkut barang kembali ke tempat semua dalam keadaan aman. Tak hanya itu, rombongan pengirim bantuan juga berhasil mengevakuasi 13 warga sipil termasuk lima orang anak.

Zolotuhi mengatakan bahwa sebelumnya, kelompok militant sempat mengadakan konvoi di dekat perbatasan Duma selama kurang lebih dua jam. Ia juga menyampaikan kekecewaannya terhadap sikap kelompok militant yang menolak negosiasi serta menjadikan warga sipil sebagai tameng.

Taufik Adas, pemimpin Kelompok Bulan Sabit Merah, menyebut bahwa operasi bantuan ini tidak mendapatkan serangan dari teroris. Hanya saja terdengar suara tembakan dari kejauhan, tambahnya.

Konvoi bantuan yang dilakukan atas kerjasama PBB, Bulan Sabit Merah, dan Palang Merah telah mengirimkan makanan untuk 27.000 orang dari total 400.000 orang yang tinggal di wilayah itu.

Operasi ini adalah yang pertama sejak militer pemerintah Suriah berusaha merebut kembali wilayah itu dari kelompok teroris pada bulan lalu. (fd/al-Masdar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*