Tehran,LiputanIslam.com—John Steppling, seorang pengamat sekaligus komentator konflik Timur Tengah, menyatakan bahwa Uni Eropa secara tidak langsung telah terlibat menciptakan krisis pengungsi besar-besaran dewasa ini. Alasannya karena Uni Eropa turut terlibat dalam perangan yang dilakukan Amerika di Timur Tengah dan Afrika Utara.

“Baiklah, Uni Eropa secara tidak langsung telah terlibat menciptakan masalah ini. Negara-negara NATO telah berpartisipasi dalam perang Amerika di wilayah Timteng dan Afrika Utara, yang pada akhirnya menciptakan gelombang imigrasi besar-besaran di seluruh penjuru dunia. Mengapa para pengungsi itu pergi meninggalkan negara mereka? Karena mereka menghindari pertempuran dan menjauhi sesuatu yang menakutkan,” ucap John pada Minggu (24/6) kepada Presstv.

Gelombang besar pengungsi dan imigran dari negara-negara konflik, terutama Suriah, telah menghantam Eropa sejak 2014 lalu. Berbagai sikap pun mulai ditunjukkan oleh masing-masing negara tujuan pengungsi. Ada yang menerima dan ada pula yang melarang mereka masuk. Amerika adalah negara yang paling tegas memberlakukan aturan larangan masuk bagi negara-negara dilanda konflik.  Sikap ini kemudian disusul oleh Italia dan Malta. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*