42676b4b-fbdc-4474-9b96-e1481a52dfc1Abuja,LiputanIslam.com-Media-media Nigeria melaporkan, Pengadilan Tinggi Federal Nigeria menganggap ilegal penangkapan Syekh Ibrahim Zakzaky. Jumat (2/12) pengadilan mengeluarkan perintah pembebasan pemimpin Gerakan Islam Nigeria (IMN) ini beserta istrinya.

Syekh Zakzaky ditangkap 14 Desember 2015 saat militer Nigeria menyerang kediamannya. Serangan brutal ini menewaskan 347 warga Syiah Nigeria.

Setelah ditangkap, Syekh Zakzaky ditahan selama berbulan-bulan tanpa diberi penjelasan alasan ia ditangkap.

Femi Falana, pengacara Syekh Zakzaky, mengatakan, semestinya pengadilan menjelaskan tuduhan yang dikenakan atas kliennya. Jika tidak, maka ia harus dibebaskan, sebab kliennya ditangkap secara ilegal.

Sebelum ini, pihak keamanan Nigeria mengklaim, Syekh Zakzaky ditahan untuk melindungi dirinya. Namun pengadilan menyatakan, memenjarakan Syekh Zakzaky dan istrinya guna melindungi mereka tidak memiliki dasar hukum.

Gabriel Kolawole, Hakim Pengadilan Federal, berargumentasi, keputusan pemerintah untuk memenjarakan Zakzaky dalam waktu lama bisa berbahaya, sebab ada kemungkinan dia akan mati dalam tahanan.

Kolawole memberi waktu 25 hari kepada pemerintah untuk menyerahkan Syekh Zakzaky dan keluarganya kepada polisi. Pihak polisi juga diberi waktu 24 jam untuk memindahkan mereka ke tempat aman.

Hakim juga menjatuhkan denda kepada pihak keamanan Nigeria. Mereka harus membayarkan denda itu kepada Syekh Zakzaky. (af/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL