Washington,LiputanIslam.com-Seorang pejabat pemerintahan AS pada hari Senin (8/4) bereaksi terhadap potensi diadakannya penerbangan langsung dari Iran ke Venezuela. Dia mengklaim, langkah ini didasari “motif-motif politis.”

Dikutip dari Reuters, pejabat yang enggan namanya disebut itu mengatakan,”Dari sudut pandang kami, saat ini pengadaan jalur penerbangan langsung Teheran-Caracas tidak memiliki dalil komersial yang jelas.”

“Ini langkah bermotif politis yang ‘merugikan’ rakyat Venezuela, sebab ini tidak mempercepat proses perubahan yang kami inginkan,”lanjutnya.

Senin kemarin, Reza Jaafarzadeh (jubir penerbangan Iran) mengumumkan penerbangan pertama maskapai Mahan dari Teheran ke Caracas. Menurutnya, pesawat itu mengangkut wakil menlu Iran dan delegasinya.

“Para petinggi Mahan juga akan menuju Caracas untuk berunding dengan pejabat Venezuela terkait kelanjutan penerbangan komersial ini,”tambahnya.

Sejak beberapa bulan terakhir, AS menekan pemerintah sah Venezuela untuk mengundurkan diri. Washington mengakui Juan Guaido sebagai presiden negara tersebut. Padahal deklarasi Guaido jelas bertentangan dengan hasil pemilu Venezuela.

AS juga menjatuhkan sejumlah sanksi berat atas Venezuela, juga meminta negara-negara lain untuk menekan pemerintahan Nicolas Maduro. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*