Potret serpihan pakaian orang-orang Viking. Sumber: BigThink.com

Uppsala,LiputanIslam.com—Seorang peneliti asal Swedia, Annika Larsson, menemukan sebuah kata dalam Bahasa Arab bertuliskan “Allah” di beberapa pakaian mayat orang-orang Viking. Pakar arkeologi dari Universitas Uppsala, Swedia, itu menyebut penemuan ini sangat menggemparkan. Apalagi bangsa Viking dikenal sebagai bangsa barbar penyembah dewa-dewa Nordik.

Larsson menemukan karakter Kufi digunakan sebagai pola pakaian orang-orang Viking yang ditenun dengan benang sutra perak. Karakter Kufi merupakan karakter yang digunakan untuk menuliskan al-Qur’an pada zaman awal-awal Islam. Beberapa pola tulisan menyebutkan kata “Ali”, nama khalifah keempat setelah khalifah Usman, dan kata “Allah”.

Pola tulisan di pakaian orang-orang Viking yang telah disalin dan diperjelas.

Larsson menganggap bahwa tulisan Bahasa Arab itu dimaksudkan sebagai doa yang dapat dibaca oleh orang-orang Viking, yaitu dari kiri ke kanan.

“Kita tidak bisa hanya beranggapan bahwa  benda-benda khas wilayah Timur Tengah ini hanyalah hasil rampasan orang-orang Viking saja. Sebab, tulisan itu terpampang di pakaian yang mereka gunakan,” ucap Larrson.

Hasil penelitian Larrson ini semakin menguatkan hasil penelitian sebelumnya berupa cincin orang-orang Viking yang bertuliskan kata “Allah”.

Beberapa penemuan penting ini semakin menguatkan fakta sejarah bahwa pernah terjadi interaksi yang cukup dekat antara Islam dan Viking. Pakar Arkeologi dari Norwegia, Jan Bill, menilai hubungan Islam dan Viking sebetulnya sangat erat. Tapi sayang, di masa sekarang, bukti sejarah pertemuan dua bangsa itu sulit diperoleh.

“Bagaimanapun juga, penelitian ini telah membuka kembali pertanyaan seputar hubungan antara Islam dan Viking yang terjadi di masa lalu,” pungkas Larsson. (Fd/bt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL