Istanbul,LiputanIslam.com-Media-media Turki mengabarkan, pendiri kelompok White Helmets ditemukan tewas di rumahnya di Istanbul.

Menurut laporan, penyelidikan awal mengindikasikan bahwa James Le Mesurier tampaknya jatuh dari atas balkon rumahnya hingga tewas.

Aparat kepolisian Istanbul mengumumkan, jasad Le Mesurier ditemukan di depan rumahnya di distrik Beyoglu. Dugaan sementara pendiri White Helmets ini mati karena bunuh diri.

Baca: Yordania Akhiri Kesepakatan Sewa Tanah dengan Israel

Baru-baru ini, Maria Zakharova (jubir kemenlu Rusia) mengungkap kemungkinan hubungan Le Mesurier dengan kelompok teroris al-Qaeda.

“James Le Mesurier adalah salah satu pendiri White Helmets. Dia merupakan mantan agen intelijen Inggris, atau lebih spesifiknya, MI6,”kata Zakharova.

“Orang ini terlihat di banyak kawasan konflik di penjuru dunia, termasuk Balkan dan Timur Tengah…Sejumlah peneliti juga menyebut hubungan mantan mata-mata ini dengan organisasi teroris saat berada di Kosovo. Data-data menunjukkan bahwa anggota al-Qaeda adalah bagian dari timnya,”tambah Zakharova dalam akun Twitter.

Beberapa waktu lalu, institut Studi Demokrasi Maxim Grigoriev menyatakan, aktivitas White Helmets, yang dikendalikan oposisi Suriah, berpusat pada penyebaran hoaks terkait situasi Suriah dan pemerintah Damaskus. (af/fars)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*