Damaskus,LiputanIslam.com—Politisi sekaligus penasihat Presiden Suriah, Bashar al-Assad, mengatakan bahwa Amerika dan sekutu-sekutunya merupakan donatur kelompok teroris takfiri Daesh yang digunakan untuk memporakporandakan sebuah negara dan kemudian menghisap sumber daya alam negara tersebut.

Pernyataan ini disampaikan oleh Bouthaina Shaaban usai mengadakan pertemuan dengan delegasi China untu Suriah, Xie Xiaoyan, beserta rombongannya di Damaskus, pada Sabtu (17/6).

Shaaban menambahkan bahwa di saat AS dan aliansi-aliansinya menjadi penyokong dana untuk Daesh, aliansi yang didukung oleh Ciina dan Rusia justru berperang melawan ekspansi kelompok teroris di negara Arab tersebut.

Rusia dan Cina merupakan dua negara pemilik hak veto yang konsisten membuat resolusi atas segala bentuk perlawanan terhadap pemerintah Suriah yang didanai oleh pihak asing sejak tahun 2011.

Di lain kesempatan, Shaaban mengatakan bahwa tentara Suriah dan sekutunya baru saja berhasil mencapai perbatasan Suriah-Irak serta memberikan pukulan telak terhadap para teroris. Namun, ia juga mengecam peluncuran roket yang dilakukan AS ke Suriah Selatan dan mengarahkannya ke posisi para tentara Suriah.

Pada bulan Mei dan Juni, pesawat tempur Amerika telah menyerang lokasi militer Suriah yang berada di dekat al-Tanf. Serangan ini telah menewaskan sejumlah orang dan menyebabkan kerusakan material.

AS mengklaim bahwa tentara Suriah yang lebih dahulu memberikan ancaman terhadap tentara AS yang berada di Suriah. Namun tentara Suriah mengecam serangan tersebut dan mengatakan bahwa tentara AS dan sekutunya telah menyerang mereka di saat mereka sedang melakukan serangan balasan terhadap gerilyawan Daesh. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL