Athena,LiputanIslam.com-Rakyat Yunani pada hari ini, Rabu (30/5) melakukan mogok massal selama 24 jam. Mogok massal ini dilakukan dalam rangka protes terhadap pengurangan gaji pensiun, kenaikan harga dan pajak, bertambahnya batas usia pensiun, dan kegagalan pemerintah mengatasi pengangguran.

Pemogokan massal ini diprakarsai oleh Persatuan Buruh Yunani, Persatuan Pegawai, Himpunan Buruh Pejuang, serta Himpunan Dosen dan Guru. Keempat-empatnya merupakan perkumpulan besar di Yunani.

Akibat pemogokan massal ini, jalur penerbangan bandara, jalur rel kereta api dan bus, jalur transportasi darat-laut, pelabuhan, sekolah, universitas, rumah sakit, media elektronik/cetak, bea cukai, dan seluruh kantor pemerintah diliburkan.

Himpunan Dokter Yunani pada malam lalu menyatakan, semua dokter akan mogok pada hari Rabu. Dengan demikian, rumah-rumah sakit hanya akan menangani kasus-kasus sangat darurat saja.

Menurut laporan IRNA, para pekerja di sektor kontrol bandara hanya mogok selama 4 jam saja. Semua penerbangan domestik dan luar negeri dari pukul 9 pagi hingga 13 waktu setempat dibatalkan, sedangkan sebagian penerbangan lain ditunda atau jam terbangnya diganti.

Dalam statemennya, para pemogok menyatakan,”Pemogokan ini adalah awal dari sebuah badai terhadap kebijakan ekonomi dan politik pemerintah. Jika pemerintah tidak  mengkaji ulang kebijakannya terkait para pegawai, pemogokan lebih besar akan terus berlanjut.” (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*