Teheran,LiputanIslam.com-Pemimpin tertinggi Iran menyatakan, referendum Kurdistan Irak akan menguntungkan Amerika dan Israel. Menurut Ayatullah Ali Khamenei, Amerika dan negara-negara asing tidak bisa dipercaya.

“Mereka ingin menciptakan ‘Israel Baru’ di kawasan,”kata Ayatullah Khamenei kepada presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Dalam pertemuan dengan Erdogan dan delegasi Turki pada Rabu (4/10), pemimpin spiritual Iran menyinggung persoalan-persoalan serius yang dihadapi Dunia Islam. Ia mengatakan,”Bila Iran dan Turki mencapai kesepakatan terkait persoalan-persoalan ini, keuntungannya akan dirasakan kedua negara dan Dunia Islam.”

Terkait referendum Kurdistan Irak, Ayatullah Khamenei menyebutnya sebagai pengkhianatan bagi kawasan dan penyulut ancaman di masa depan. Ia berpendapat, referendum ini membawa dampak negatif jangka panjang bagi negara-negara tetangga Irak.

“Pandangan Amerika dan Eropa terkait masalah ini (referendum) berbeda dengan pandangan Iran dan Turki. Amerika selalu ingin memiliki hal yang bisa mengusik Teheran dan Ankara. Sebab itu, Amerika dan Eropa tidak bisa dipercaya,”paparnya.

Pemimpin Revolusi Iran menegaskan, musuh senantiasa berupaya menyibukkan Iran-Turki dan mengalihkan perhatian kedua negara dari masalah-masalah penting regional.

“Kekuatan-kekuatan asing, terutama Rezim Zionis, berniat membuat ‘Israel Baru’ di Timteng dan mencari-cari sarana untuk menciptakan konflik,”tandasnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL