Teheran,LiputanIslam.com-Dalam pertemuan dengan presiden Rusia, pemimpin spiritual Iran menyatakan, masalah-masalah Suriah adalah bukti gamblang bahwa AS bisa dijinakkan.

“AS menderita kekalahan nyata di Suriah dan gagal mewujudkan tujuan-tujuan mereka,”kata Ayatullah Ali Khamenei.

Ayatullah Khamenei menjelaskan tujuan-tujuan AS di awal krisis Suriah, terutama pasca runtuhnya pemerintahan boneka AS di Mesir dan Tunisia.

“Dengan memanfaatkan situasi yang muncul saat itu di negara-negara Arab, AS berniat mengkompensasi kerugian mereka di Mesir dan Tunisia dengan cara menggulingkan pemerintahan Suriah. Namun kini mereka gagal total,”kata Ayatullah Khamenei.

Dalam pertemuan dengan Vladimir Putin, pemimpin Iran juga menekankan pentingnya menjalin transaksi ekonomi dengan selain mata uang dolar.

Ayatullah Khamenei memuji sikap Putin terkait kesepakatan nuklir (JCPOA) dan menyatakan, Iran akan mengambil sikap terkait JCPOA sesuai kepentingan dan kedaulatan negara serta bangsa Iran.

“Kendati saat ini AS menggulirkan isu tentang rudal dan masalah regional terkait Iran, namun sebenarnya akar permasalahan mereka dengan Iran jauh lebih dalam dari hal-hal tersebut,”sambungnya.

“AS berusaha melenyapkan Republik Islam Iran selama 40 tahun terakhir. Namun kami justru berkembang 40 kali lipat dalam jangka waktu ini. Keteguhan dan kesuksesan Iran ini adalah bukti lain bahwa mereka (AS) bisa ditundukkan,”pungkasnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*