Teheran,LiputanIslam.com-Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei, menyatakan, bangsa Iran harus tetap mewaspadai muslihat dan tipu daya Amerika.

“Meski presiden Amerika terlihat idiot, namun jangan sampai hal ini menyebabkan kita lengah dari konspirasi musuh dan meremehkan muslihat mereka. Kita semua harus waspada dan bersiaga penuh di medan perjuangan,”kata Ayatullah Khamenei.

Dalam pertemuan dengan para tokoh elit dan kalangan berprestasi Iran, Rabu (18/10),  Ayatullah Khamenei menegaskan bahwa mungkin saja perang militer tidak akan terjadi. Namun, ia mengingatkan, ada masalah-masalah lain yang urgensinya tidak lebih kecil dari perang.

Dalam bagian lain dari pidatonya, pemimpin Revolusi Islam Iran juga menyinggung sikap negara-negara Eropa terkait dengan kesepakatan nuklir Iran (JCPOA).

“Eropa tahu bahwa JCPOA menguntungkan mereka dan Amerika. Oleh karena itu, mereka menentang sikap Trump yang hendak membatalkan kesepakatan ini. Pendirian mereka memang baik, tapi masih belum cukup,”tegasnya.

Menurutnya, Eropa harus melawan tindakan Amerika yang melanggar isi JCPOA. Negara-negara Eropa juga mesti tidak mengekor Amerika dalam isu-isu seperti kekuatan pertahanan Iran dan perannya di Timteng.

“Kita tidak akan menerima jika mereka (negara-negara Eropa) satu suara dengan kepongahan Amerika,”tandasnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL