Teheran,LiputanIslam.com-Pemimpin tertinggi Iran menyatakan, persatuan antarsuku serta dukungan pemerintah Baghdad terhadap relawan dan pemuda beriman adalah faktor kemenangan Irak melawan teroris.

Dalam pertemuan dengan perdana menteri Irak, Kamis pagi waktu setempat (26/10), Ayatullah Ali Khamenei mendukung upaya Baghdad untuk menjaga keutuhan wilayah Irak. Irak disebutnya sebagai negara penting dan penentu di Dunia Arab.

Pemimpin Revolusi Islam Iran juga menyokong inisiatif Irak untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara tetangga. “Meski demikian, Anda harus tetap mewaspadai makar Amerika dan jangan pernah memercayainya,”demikian ia berpesan kepada Haider Abadi.

“Amerika membidani kelahiran ISIS. Namun sekarang, setelah kelompok ini ditumpas pemerintah dan rakyat Irak, mereka (Amerika) berusaha bergabung dengan garis perlawanan ini. Tentu tidak ada keraguan bahwa Amerika akan kembali memukul Irak tiap kali ada kesempatan,”lanjutnya.

Perdana menteri Irak juga menyinggung tentang upaya rakyat negaranya untuk menjaga persatuan dan keutuhan Irak. “Kami terus menjaga persatuan Irak secermat mungkin. Kami telah sampaikan kepada saudara-saudara kami di Kurdistan, kami tak akan membiarkan Irak dipecah belah,”kata Abadi.

Dalam kesempatan itu, Abadi tak lupa menyampaikan apresiasi tulus atas dukungan Iran kepada Irak dalam memerangi teroris. Dia menyatakan, negaranya berhasrat untuk meningkatkan hubungan dengan Republik Islam Iran. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL