Kabul,LiputanIslam.com-Stasiun televisi al-Jazeera melaporkan, pemimpin al-Qaeda dalam pidatonya hari Rabu (11/9) menyeru anggotanya untuk menyerang target militer AS, Eropa, Israel, dan Rusia.

Ayman al-Zawahiri, yang merupakan ahli bedah asal Mesir, menjadi pemimpin al-Qaeda menyusul terbunuhnya Osama bin Laden dalam serangan udara di Pakistan.

Kabarnya al-Zawahiri saat ini bersembunyi di perbatasan Afghanistan dan Pakistan.

Baca: Taliban Sebut Putusan Trump Akan Renggut Nyawa Pasukan AS di Afghanistan

Seruan di atas disampaikan al-Zawahiri dalam klip video berdurasi 33 menit. Dia mengatakan,”Jika kalian ingin berperang, fokuslah pada target-target militer. Pasukan AS ada di seluruh penjuru dunia, dari barat hingga timur.”

Pemimpin al-Qaeda menyatakan, negara-negara Islam dikelilingi pangkalan-pangkalan AS yang menyebarkan kerusakan.

Serangan 11 September 2001 yang dilakukan al-Qaeda menewaskan sekira 3000 orang. AS bereaksi dengan mengirim pasukan ke Afghanistan dan menggulingkan rezim Taliban dengan dalih dukungannya kepada al-Qaeda.

Dalam 9 bulan terakhir, Taliban dan AS telah berunding soal keluarnya pasukan AS dari Afghanistan. Salah satu syarat AS untuk Taliban adalah mereka harus memutus hubungan dengan al-Qaeda.

Namun Donald Trump secara mendadak membatalkan kesepakatan AS-Taliban, menyusul tewasnya seorang serdadu AS di Afghanistan. Trump mengumumkan bahwa serangan AS atas Taliban akan terus berlanjut. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Para Pecundang Asing Harus Tinggalkan Afghanistan

Pompeo Sebut Militer AS Tak Akan Tinggalkan Afghanistan Tanpa Kesepakatan Damai

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*