Bagian kota Aleppo yang hancur akibat perang (AFP/presstv)

Bagian kota Aleppo yang hancur akibat perang (AFP/presstv)

Aleppo,LiputanIslam.com-Kementerian Pertahanan Rusia mengabarkan, para pemberontak Suriah di timur Aleppo menembaki warga kota ini, saat mereka berunjuk rasa menentang diblokadenya jalan keluar dari kota ini. Sedikitnya 17 orang tewas dan puluhan lain luka-luka akibat insiden ini.

Mayor Jenderal Igor Konashenkov, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, mengatakan,”Kamis (17/11), sekitar 500 warga  berunjuk rasa. Mereka berasal dari sejumlah kampung di timur Aleppo yang dikuasai pemberontak. Mereka memprotes pihak pemberontak yang memblokade jalan menuju keluar kota.”

Sedikitnya 200 orang dari pengunjuk rasa berusaha keluar menuju kawasan yang dikuasai pemerintah, namun mereka menjadi sasaran tembak kelompok pemberontak.

“Para pemberontak menghujani pengunjuk rasa dengan senapan mesin dan membubarkan mereka. Mereka lalu menaruh ranjau di semua jalur yang berujung pada pos pemeriksaan (pasukan pemerintah). Sejumlah penembak jitu juga ditempatkan di atas atap-atap bangunan,”ujar Konashenkov.

Akibat hujan peluru ini, setidaknya 17 orang tewas, termasuk dua remaja usia 13 dan 14 tahun. Lebih dari 40 orang juga menjadi korban luka.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan, sejumlah warga sipil ditahan dan dieksekusi pihak pemberontak karena dituduh sebagai dalang unjuk rasa ini.

“Mereka (kelompok teroris) menangkap 10 orang yang diklaim sebagai perencana unjuk rasa ini. Mereka dibawa ke tempat yang tak diketahui dan ditembak mati pada sore hari itu juga,”demikian Konashenkov menjelaskan.

Sejak tahun 2012, Aleppo dibagi menjadi dua bagian, yaitu Barat dan Timur. Sektor Barat dikuasai pemerintah, sedangkan sektor Timur diduduki kelompok pemberontak.

Pasukan pemerintah saat ini sedang terlibat pertempuran sengit dengan kelompok teroris. Sejak 17 Juli, kawasan yang diduduki pemberontak dikepung oleh pasukan pemerintah Suriah.(af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL