Quebec,LiputanIslam.com-Polisi Kanada menjerat satu-satunya pelaku teror di Masjid Quebec dengan 11 pasal tindak kriminal.

Alexandre Bissonette (27 tahun) adalah mahasiswa yang menembaki jamaah salat di Pusat Kebudayaan Islam Quebec pada Minggu (29/1). Dia dikenakan tuduhan 6 pasal pembunuhan tingkat satu dan 5 pasal percobaan pembunuhan.

Bissonette telah dibawa ke pengadilan untuk mendengarkan pasal-pasal yang dituduhkan atasnya. Dia akan kembali dimejahijaukan tanggal 21 Februari nanti.

Menurut sebuah kelompok pelindung para pengungsi, Bissonette adalah seorang nasionalis radikal. Dia disebut sebagai pendukung Partai Front Nasional Prancis yang dipimpin Marine Le Pen.

Bissonette memasuki masjid yang sedang dipenuhi jamaah untuk salat Asar dan menghujani tembakan ke arah mereka. Sedikitnya 6 orang tewas dan 19 lainnya terluka akibat aksi teror ini.

Lima dari para korban luka masih dirawat di rumah sakit. Dua di antara mereka dalam kondisi kritis.

Polisi segera menangkap dua orang menyusul aksi penembakan ini. Namun belakangan, aparat mengumumkan bahwa orang kedua hanya saksi mata.

Perdana Menteri Kanada, Justine Trudeau, menyebut penembakan ini sebagai “aksi teror atas muslimin.” Dia menyatakan belasungkawa kepada satu juta warga Muslim di Kanada. Trudeau juga mengapresiasi peran konstruktif muslimin di negaranya.

Dalam pernyataan yang dirilis Senin kemarin (30/1), Trudeau menyatakan,”Muslimin dan warga Kanada adalah bagian penting dari bangsa. Tindakan semacam ini tidak dibenarkan di masyarakat, kota, dan negara kita.”

Serangan ini terjadi tepat dua hari setelah Kanada mengumumkan akan menyambut para pengungsi tanpa melihat agama dan keyakinan mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, muslimin di Quebec menjadi korban Islamphobia. Musim panas lalu, sebuah potongan kepala babi ditaruh di depan masjid yang diserang hari Minggu lalu. Pada tahun 2015 juga tersebar video yang menebar ancaman terhadap muslimin. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL