Teheran,LiputanIslam.com—Seorang pejabat senior di Iran, Hossein Amir-Abdullahian, mengatakan bahwa serangan teror mematikan yang terjadi di Teheran beberapa waktu lalu dilakukan atas permintaan petugas keamanan Saudi Arabia. Pernyataan ini disampaikannya saat melakukan pertemuan dengan Duta Besar Vietnam untuk Iran pada Rabu (14/6).

Pria yang menjabat sebagai penasihat khusus urusan internasional di Iran itu juga mengatakan bahwa “dokumen-dokumen yang ada merupakan bukti keterkaitan AS dan Saudi Arabia dalam aksi terorisme yang terjadi di wilayah teluk dan seluruh dunia.”

“Strategi dan kebijakan politik yang mereka lakukan adalah untuk mempertahankan konflik di Timur Tengah dalam rangka memuluskan agenda-agenda mereka seperti penjualan senjata, dan sebagainya,” ucap Amir-Abdullah.

Setelah serangan tersebut, Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, mengatakan bahwa negaranya telah menerima data dari intelijen yang menunjukkan bahwa Arab Saudi “secara aktif” memberikan dukungannya kepada kelompok teroris di sepanjang perbatasan timur dan barat Iran.

Hingga kini, Riyadh masih memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Iran. Serangan yang terjadi di Teheran beberapa waktu lalu semakin menjadi heboh, karena didahului oleh ancaman yang dilontarkan pejabat Saudi atas Iran.

Bulan lalu, Mohammed bin Salman, mengatakan bahwa Arab Saudi akan memindahkan “pertempuran dan konflik” ke Iran.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir, juga mengatakan pada Selasa (6/6), bahwa Iran harus dihukum karena telah menyebabkan “gangguan” di wilayah teluk. Sehari setelah pernyataan ini dilontarkan, serangan di Teheran pun terjadi.

Pada tanggal 7 Juni, sekumpulan orang bersenjata melakukan serangan serentak di gedung Parlemen Iran dan makam Pendiri Republik Islam di Iran, Imam Khomeini. Serangan ini telah merenggut nyawa 18 orang dan melukai 50 orang lainnya. Kelompok teroris ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Sejauh ini, Iran telah menahan puluhan teroris di Iran. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL