Washington,LiputanIslam.com-Sejumlah pejabat CIA menyatakan, Kim Jong-un bukanlah orang yang dideskripsikan oleh Donald Trump sebagai orang tak waras. Menurut mereka, Kim Jong-un menggunakan strategi yang kuat untuk menjaga kekuasaannya.

“Kim Jong-un bukan orang gila, tapi seorang aktor yang bertindak logis,”kata Yong Suk Lee, deputi staf direktur CIA di pusat misi Korea, dalam sebuah konferensi di Universitas George Washington.

Menurut Lee, ada tujuan-tujuan tersembunyi di balik tindakan-tindakan Kim Jong-un. “Dia tidak bangun tidur di pagi hari dengan rencana untuk menyerang Los Angeles dengan nuklir. Dia masih ingin lama berkuasa dan mati dengan tenang di ranjangnya,”kata Lee, seperti dikutip oleh Telegraph.

Pejabat CIA lain, Michael Collins, juga berpendapat bahwa Korut hanya ingin menguji kesabaran Amerika dan masyarakat internasional.

Deskripsi para pejabat CIA tentang Kim Jong-un tentu berbeda jauh dengan apa yang dikatakan Trump soal pemimpin Korut ini.

Trump dalam akun Twitter-nya pernah menyebut Kim Jong-un sebagai “Rocket Man” dan “orang gila.” Dalam pidatonya di sidang umum PBB, Trump berkoar bahwa Korut harus dilenyapkan. Pidato Trump disebut menlu Korut sebagai pernyataan perang Washington terhadap Pyongyang. (af/yjc/telegraph)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL