Washington,LiputanIslam.com-Wakil khusus AS untuk urusan Suriah menyatakan, Washington tidak memiliki sekutu yang lebih baik dari Saudi untuk menghadang Iran. Menurut James Jeffrey, tanpa keberadaan Saudi, AS tidak bisa melakukan apa yang kini dilakukan (terhadap Iran).

Dilansir dari Newsweek, statemen ini disampaikan Jeffrey dalam pertemuan tahunan ke-6 Defense One, Kamis (15/11). Dia berpendapat, operasi militer langsung tidak cukup untuk mengalahkan Iran dan jaringan sekutu bersenjatanya yang terus bertambah. Diplomat AS ini mengklaim, kebanyakan dari sekutu Iran ini terdiri dari milisi Syiah.

“Untuk menghadang pengaruh intervensi Iran, kita harus melakukan operasi stabilisasi di negara-negara tersebut,”ujar Jeffrey.

“Jika kita tidak bisa mengatasi masalah yang ada di depan mata ini, Iran akan menciptakan ISIS lain,”koarnya.

Ucapan Jeffrey jelas bertentangan dengan fakta di lapangan, sebab Iran merupakan salah satu pihak utama dalam memerangi ISIS di kawasan.

Selain itu, Donald Trump di masa kampanye pilpres AS 2016 lalu menyebut Hillary Clinton dan Barrack Obama sebagai dalang utama kemunculan ISIS. “Mereka (Obama dan Clinton) adalah orang-orang penipu. Mereka-lah yang menciptakan ISIS,”ujar Trump saat itu. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*