Sana’a,LiputanIslam.com—Petinggi PBB, bidang kemanusiaan, memperingatkan bahwa Yaman akan dilanda bencana kelaparan terbesar di dunia, jika Arab Saudi tidak segera mengakhiri blockade darat, laut, dan udara atas negara miskin itu.

“Ini akan menjadi bencana kelaparan terbesar di dunia dalam beberapa dekade,” ucap Lowcock pada Rabu (8/11).

Tiga tahun dilanda konflik dan peperangan, rakyat Yaman menggantungkan 90% kebutuhan hariannya dari produk-produk impor. Hingga kini, jutaan warga Yaman tetap hidup karena produk-produk impor tersebut.

Kampanye militer yang dilakukan Arab Saudi telah menghancurkan sistem kesehatan dan sanitasi air di negara itu. Kini, akibat blokade Arab Saudi, rakyat Yaman mulai kehilangan suplai makanan dan minuman. Sebab, Arab Saudi melarang segala bentuk impor dan bantuan yang datang dari luar Yaman.

“Meninggalnya seorang yang kelaparan itu disebabkan oleh infeksi. Tubuh mereka telah memakan diri sendiri dan menghilangkan kemampuan untuk bertahan hidup seperti yang dilakukan oleh orang sehat pada umumnya,” tambahnya Mr. Lowcock.

Lowcock menghimbau agar koalisi militer Arab Saudi segera membuka akses laut dan udara agar makanan, obat-obatan, serta bantuan kemanusiaan lainnya bisa masuk ke Yaman. Ia juga meminta Arab Saudi untuk tidak menghalangi para relawan kemanusiaan untuk membantu warga Yaman yang membutuhkan. (fd/reliefweb)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL