Sana’a,LiputanIslam.com—Direktur Bidang Pembangunan PBB di Yaman, Auke Lootsma, mengatakan bahwa fasilitas kesehatan yang ada di Yaman sedang mengalami kerusakan. Ini merupakan hal buruk bagi warga Yaman dan dapat menyebabkan hancurnya negara itu.

Lootsma mengatakan pada Rabu (2/8), bahwa sistem kesehatan di Yaman tengah mengalami kerusakan yang sangat fatal. Pertama, karena lebih dari 50 persen fasilitas kesehatan di negara itu telah hancur akibat perang dan tentunya tidak dapat digunakan lagi. Kedua, para petugas kesehatan yang bekerja di beberapa rumah sakit yang tersisa, hampir sepenuhnya tidak mendapatkan gaji. Sehingga, banyak petugas yang mundur dan tidak sanggup melakukan pekerjaan itu.

Sementara itu, pejabat PBB tersebut menambahkan bahwa sekitar 70% penduduk Yaman sedang membutuhkan bantuan kemanusiaan. Dua juta anak kekurangan gizi dan rentan terjangkit kolera. Bahkan, PBB telah mendata sekitar 400.000 kasus penyakit kolera, hanya dalam beberapa bulan terakhir.

Lootsma menekankan bahwa negara ini berada di depan pintu gerbang kelaparan. Bahkan, 60% penduduk tidak tau apa yang akan mereka makan esok hari.

Sementara itu, impor makanan untuk membantu warga Yaman pun mengalami kesulitan. Aliansi militer Saudi terus berusaha mencegal segala bantuan yang ditujukan kepada Yaman. Baru-baru ini, militer Arab Saudi mengusir bantuan bahan bakar ke Yaman. Akibatnya, beberapa pesawat yang digunakan untuk mengangkut bantuan makanan tidak dapat beroperasi lagi, karena kehabisan bahan bakar. (fd/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL