Sana’a,LiputanIslam.com—Berbagai serangan yang dilancarkan oleh koalisi Arab Saudi kepada Yaman telah menyebabkan gugurnya korban sipil yang begitu banyak. Para ahli HAM PBB menyebut berbagai serangan itu merupakan bentuk pelanggaran perang.

“Kami mengajak semua negara untuk mengurangi penjualan senjata demi terciptanya perdamaian,” ucap mereka pada Selasa (28/8), seperti dikutip oleh kantor berita Memo.

Arab Saudi adalah salah satu sekutu utama Barat yang ingin mantan Presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi, kembali berkuasa di Yaman serta mengusir kelompok Houthi dari negara Arab termiskin itu. Dewan HAM PBB telah melakukan penyelidikan terhadap kemungkinan adanya kejahatan perang di Yaman. Pada September mendatang, PBB akan menyelenggarakan perundingan damai antara kubu Mansur Hadi dengan kelompok Houthi.

Sampai saat ini, perang Yaman telah menewaskan sekitar 10.000 jiwa dan 8.4 juta jiwa lainnya menderita kelaparan.

“Koalisi militer tersebut terbukti menyebabkan jatuhnya korban sipil. Dalam tiga tahun terakhir, mereka telah menyerang perumahan, pasar, acara pernikahan, kapal-kapal sipil, dan fasilitas medis,” tegas ahli PBB tersebut. (fd/Memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*