Suriah,LiputanIslam.com—PBB mengatakan bahwa perundingan perdamaian untuk Suriah yang dilaksanakan selama lima putaran di Jenewa telah mengalami kemajuan. Sementara itu, delegasi Suriah justru meyakini bahwa perundingan yang didukung PBB tidak memiliki kemajuan dan tidak dapat mengakhiri perang panjang yang telah melanda negara itu.

“Saya percaya, dapat mewakili semua pihak yang berpartisipasi dalam perundingan tersebut, bahwa kita harus mempertahankan progres ini menuju proses politik.” Ucap Utusan Khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, setelah mengakhiri delapan kali putaran perundingan damai antara pemerintah Suriah dan kelompok oposisi bersenjata di kota Swiss, jenewa. De Mistura mengakui adanya tantangan serius dalam menghadapi negosisasi dan kesepakatan damai belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Jum’at (30/3)

Meskipun begitu, Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar al-Ja’fari justru mengatakan bahwa tidak ada progres sedikitpun dalam perundingan tersebut.  Ia menyindir para perunding oposisi sebagai “Bocah polos” yang mengira dirinya muncul dalam acara pencarian bakat seperti “Arab Idol” atau “The Voice”.

“Bahkan mereka adalah alat dan tentara bayaran untuk tuan mereka. Tampaknya mereka belum menerima instruksi dari tuan mereka, kecuali untuk terus mendukung gerakan terorisme dan menciptakan kekacauan pada putaran kedua ini,” kata diplomat Suriah pada wartawan saat konferensi pers dilangsungkan.

Ja’fari mengatakan bahwa sebelumnya selama delapan hari, ia telah membahas empat agenda penting dengan de Mistura tentang reformasi, konstitusi, pemilu, dan perlawanan terhadap terorisme. Ia menambahkan bahwa kedua belah pihak menekankan perlunya membentuk kelompok kerja.

Ja’fari juga mengatakan bahwa kesepakatan untuk melanjutkan upaya diplomatik dalam menetapkan tanggal dialog intra-Suriah yang akan datang pun telah dilakukan. Menurutnya, masa depan Suriah hanya akan diputuskan oleh rakyat Suriah. Damaskus tidak akan mengizinkan pihak asing mencampuri apalagi menentukan masa depan Suriah. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL