NewYork,LiputanIslam.com-Berdasarkan sebuah laporan dari PBB, kelompok teroris ISIS masih memiliki sekitar 30 ribu serdadu di Irak dan Suriah. Jaringan internasional mereka juga masih meluas. Kelompok teroris lain, al-Qaeda, juga dikabarkan kian menguat dari sebelumnya.

Menurut laporan yang disusun para pakar PBB ini, kendati ISIS telah dinyatakan kalah di Irak dan Suriah, namun masih terdapat inti tersembunyi dari milisi kelompok tersebut di kedua negara itu. Mereka juga memiliki jumlah pendukung lumayan di Afghanistan, Libya, Asia Tenggara, dan barat Afrika.

“Jaringan internasional al-Qaeda juga masih aktif, serta memiliki pendukung dan sekutu yang lebih kuat dari ISIS di sejumlah kawasan, seperti di Somalia, Yaman, Asia Selatan, dan pesisir Afrika,”demikian disebutkan dalam laporan tersebut.

Laporan itu juga memperkirakan bahwa anggota ISIS di Suriah dan Irak berjumlah sekitar 20-30 ribu orang. Mayoritas mereka adalah teroris asing yang masih aktif.

Para pakar PBB mengatakan, sejumlah petempur, perancang strategi, dan komandan ISIS telah terbunuh, sementara beberapa lainnya telah meninggalkan kawasan pertempuran. Namun, sebagian dari mereka masih berada di Irak dan Suriah. Sejumlah dari mereka masih melakukan aktivitas militer, sementara yang lain hidup sembunyi-sembunyi di kawasan perkotaan dan pedesaan yang sepaham dengan mereka. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*