Sanaa,LiputanIslam.com-Stasiun televisi al-Mayadeen mengutip laporan Komite Pakar PBB terkait serangan jet-jet tempur Saudi ke Yaman. Dalam laporan ini disebutkan, serangan-serangan ini sama dengan kejahatan perang. Pada tahap selanjutnya, laporan ini akan diserahkan kepada Dewan Keamanan PBB.

Melalui laporan ini, Komite Pakar PBB memberi peringatan kepada negara-negara koalisi Saudi seperti Amerika, Inggris, dan Prancis. Mereka diperingatkan agar menjaga HAM dan hak-hak internasional.

Laporan yang disusun Komite Pakar ini memuat hasil investigasi atas sepuluh kasus serangan jet tempur koalisi Saudi ke Yaman. Sepuluh serangan yang dilakukan sejak Maret hingga Oktober tahun lalu ini menewaskan setidaknya 290 warga sipil. Seratus dari para korban adalah wanita dan anak-anak.

Dalam laporan setebal 63 halaman ini, Komite Pakar PBB menyatakan, dari sepuluh kasus yang diselidiki, delapan di antaranya terbukti tidak menargetkan sasaran-sasaran militer.

Komite Pakar PBB menyimpulkan, banyaknya agresi udara yang dilakukan koalisi Saudi menunjukkan salah satu dari dua kemungkinan: pertama, serangan udara ini tidak memenuhi syarat; kedua, serangan udara ini memang sengaja menghancurkan infrastruktur-infrastruktur sipil.

Dalam laporan ini juga disebutkan, berlawanan dengan klaim bahwa Iran membantu persenjataan antitank kepada kelompok Ansharullah dan pasukan Ali Abdullah Saleh, Komite Pakar PBB sama sekali tidak menemukan bukti atas klaim ini. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL