NewYork,LiputanIslam.com-Geir Pederson (utusan khusus PBB untuk urusan Suriah) membela kedaulatan Damaskus atas Dataran Tinggi Golan.

Dalam rapat Dewan Keamanan PBB pada hari Kamis (28/2) yang diadakan untuk membahas kondisi Suriah, Pederson mengatakan,”Berdasarkan resolusi-resolusi Dewan Keamanan dan resolusi 2254 tentang kesatuan wilayah Suriah, Golan adalah bagian dari tanah negara ini.”

Dalam laporan pertamanya tentang situasi Suriah, Pederson dalam rapat tersebut menyatakan, mengakhiri konflik di Suriah adalah sebuah kebutuhan. Menurutnya, rakyat Suriah-lah yang bisa menentukan nasib mereka, bukan pihak lain.

Pederson juga mengabarkan hasil pertemuannya dengan kelompok oposisi Suriah yang berbasis di Riyadh. Dia mengatakan, solusi untuk krisis Suriah tidak boleh dimulai dari nol, tapi harus didasarkan pada out put pertemuan di Jenewa dan Sochi.

Pejabat PBB ini menegaskan, dia telah mengupayakan dialog langsung antara pemerintah Damaskus dan kelompok oposisi. Pedersen menambahkan, dia sendiri ingin menghadiri dan mengawasi dialog tersebut.

Pederson juga menyambut baik pertemuan segitiga Iran, Suriah, dan Turki di Idlib baru-baru ini.

Dia kembali menegaskan bahwa solusi militer untuk krisis Suriah tak akan berhasil dan hanya dialog yang bisa menyelesaikannya. Pederson menyatakan dukungannya terhadap pembentukan komite kajian UUD Suriah yang meliputi semua kelompok negara tersebut. (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*