Sana’a,LiputanIslam.com—PBB baru saja mendistribusikan bantuan langsung tunai kepada 1.5 juta warga Yaman di tengah berkecamuknya perang yang menyebabkan warga negara itu rentan menderita kelaparan.

Bantuan ini merupakan bagian dari program pendanaan Bank Dunia senilai 200$ juta yang dibagikan kepada rakyat Yaman. Perang empat tahun yang melanda Yaman telah membunuh lebih dari 14.000 orang, termasuk ribuan anak-anak dan perempuan. Tak hanya itu, lebih dari tiga juta rakyat Yaman terpaksa mengungsi ke negara-negara lain yang lebih aman.

Geert Cappelaere, Direktor Unicef wilayah Yaman mengatakan pada Senin (29/5) bahwa bantuan langsung tunai ini telah dibagikan pada 9 juta warga Yaman. Tiap-tiap keluarga penerima bantuan mendapatkan uang senilai 30$ atau sekitar 420.000 Rupiah. Uang bantuan ini nantinya akan digunakan oleh masing-masing keluarga untuk membeli makanan dan obat-obatan untuk anak-anak mereka yang sebagian besarnya mengalami gizi buruk. Pemberian bantuan berikutnya, rencananya akan diberikan pada Agustus mendatang.

“Bantuan langsung tunai itu disalurkan pada masyarakat Miskin Yaman yang berada dalam kondisi rentan,” ucapnya, sambil mendesak komunitas internasional untuk menghentikan pertempuran di negara Arab yang termiskin itu (Yaman).

Minggu lalu, PBB meminta koalisi Arab Saudi untuk mempermudah bantuan makanan dan obat-obatan ke Yaman, serta memperingatkan bahwa 10 juta Yaman terancam mengalami kelaparan.

Beberapa Minggu terakhir, koalisi Arab Saudi telah memblokade pelabuhan-pelabuhan Yaman dengan alasan mencegah impor senjata yang dilakukan kelompok Houthi.

Blokade ini telah berdampak secara langsung pada kondisi rakyat Yaman dan berpengaruh pada 90 persen impor makanan ke negara itu. (fd/TNA)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*