Sana’a,LiputanIslam.com—Koalisi militer Arab Saudi, yang telah menerima bantuan dari AS dan Inggris berupa persenjataan militer dan dukungan politik, disebut telah menghabisi nyawa ratusan anak-anak di Yaman.

Di dalam laporan rahasia milik PBB yang belum dipublikasikan, tertulis bahwa operasi aliansi militer pimpinan Arab Saudi telah menyebabkan 51 persen anak-anak di Yaman meninggal dunia. Laporan tersebut juga mengatakan bahwa jumlah korban jiwa akibat serangan militer ini sangat luar biasa.

“Berbagai serangan udara yang dilakukan telah mengorbankan anak-anak. Setidaknya, 349 anak telah meninggal dunia dan 333 lainnya mengalami luka-luka,” ungkap Reuters, pada Sabtu (19/8), mengutip isi laporan tersebut.

Arab Saudi selalu mengklaim bahwa operasi militer yang ia lakukan telah sesuai dengan prosedur internasional. Bahkan PBB pun mengatakan bahwa “tidak ada alasan” untuk memasukkan koalisi Arab Saudi ke dalam daftar hitam.

Arab Saudi telah mulai melakukan ekspansi militer atas Yaman sejak Maret 2015. Tujuannya adalah untuk menegakkan kembali kepemimpinan mantan presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi, serta menghancurkan gerakan Houthi Ansarullah. Meski begitu, hingga kini Arab Saudi belum berhasil mewujudkan tujuan mereka. Sementara itu, serangan militer ini telah menelan ribuan nyawa dan menghancurkan infrastruktur di negara miskin itu. (fd/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL