Vatikan,LiputanIslam.com-Pemimpin Katolik Dunia menyatakan, harus ada pihak ketiga, misalnya Norwegia, untuk menengahi konflik AS-Korut, supaya situasi yang bisa berujung pada perang nuklir ini bisa diatasi.

Sepulangnya dari Mesir, Paus Fransiskus berkata kepada para jurnalis,”Saya yakin, jika perang besar terjadi, mayoritas umat manusia akan musnah.”

Paus menyatakan kesediaannya untuk menemui Donald Trump. Dia menyeru semua pemimpin dunia untuk mengatasi semua masalah melalui jalur diplomasi.

“Ada banyak negara di dunia yang siap untuk menjadi penengah. Salah satunya adalah Norwegia yang selalu sedia membantu,”ungkap Paus.

Pemimpin umat Katolik sedunia ini menyinggung polemik rudal Korut yang telah berlangsung selama setahun ini. Dia berkata,”Kita sedang berbicara tentang masa depan umat manusia. Perang besar di masa kini bisa memusnahkan banyak umat manusia.”

Ketegangan antara Pyongyang dan Washington terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Sabtu (29/4) Korut kembali melakukan uji coba rudal balistik yang akhirnya menemui kegagalan.

Trump direncanakan akan menghadiri pertemuan G7 di Sisilia, Italia, pada 26-27 Mei yang akan datang. Belum ada kepastian apakah dia akan singgah di Vatikan untuk menemui Paus Fransiskus atau tidak. Namun dalam salah satu tweet-nya, dia mengaku ingin bertemu pemimpin Katolik tersebut. (af/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL