Bangui, LiputanIslam.com — Paus Francis menyatakan bahwa ummat Muslim dan Kristen sesungguhnya bersaudara, saat ia mengunjungi masjid Muslim di Bangui, Republik Afrika Tengah.

“Kristen dan Muslim adalah ummat dari agama (langit-red) yang telah hidup dalam damai bertahun-tahun. Bersama, mari kita katakan tidak untuk kebencian, kekerasan dan balas dendam yang dilakukan atas nama agama dan Tuhan,” ujarnya, seperti dilansir Presstv, (1/12/2015).

Paus mengunjungi masjid dalam safarinya ke tiga negara Afrika, termasuk Kenya dan Uganda.

Imam masjid, Tidiani Moussa Naibi, mengucapkan terimakasih atas kunjungannya, dan ia menyatakan bahwa kedatangan Paus adalah simbol (perdamaian-red) yang bisa dimengerti oleh semua pihak.

Kekerasan sekterian yang dilakukan oleh militan Kristen, yang dipicu oleh faktor politik dan ekonomi telah menyebabkan banyak ummat Muslim harus mengungsi ke negara lain.

Bangui yang sebelumnya dihuni oleh sekitar 122.000 ummat Muslim, kini hanya tinggal 15.000 saja, seperti yang dilaporkan Human Rights Watch.

Milisi Kristen telah menargetkan ummat Muslim, dengan menghancurkan masjid-masjid dan menyerang penduduk sipil yang mengenakan pakaian yang identik dengan Islam (seperti kerudung-red).

Sebelum kerusuhan pada tahun 2014, komunitas Muslim di Afrika Tengah hidup sejahtera. Begitu melarikan diri, toko-toko mereka dijarah dan dihancurkan. Lalu, milisi Kristen ini juga mengklaim rumah-rumah milik ummat Islam sebagai rumah mereka.

Seperti diketahui, pada awal tahun 2014, ummat Islam diserang di jalan-jalan oleh milisi Kristen, yang memaksa mereka harus mengungsi ke Chad dan Kamerun.

Milisi ini mengklaim bahwa serangan mereka terhadap ummat Islam adalah sebagai balasan atas apa yang dilakukan oleh kelompok Seleka, yang telah melakukan kudeta teradap Presiden Francois Bozize pada tahun 2013.

Afrika Tengah pun dilanda konflik sekterian yang berlarut-larut, dan menurut perkiraan dari PBB, sekitar 399.000 orang kehilangan tempat tinggal, dan sekitar 460.000 mengungsi ke negara tetangga. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL