Foto: AFP/PressTV

Mosul,LiputanIslam.com-Dalam operasi pembebasan Mosul Barat, pasukan Irak berhasil membebaskan sejumlah gedung penting dari cengkeraman ISIS.

Selasa (7/3), Letkol Abdel Amir al-Mohammadawi, jubir Pasukan Khusus Kementerian Negara Irak, mengatakan bahwa tentara Irak telah mengambil alih gedung utama Bank Pusat dan museum Mosul.

Menurut al-Mohammadawi, Unit Khusus Reaksi Cepat Irak menyerbu gedung-gedung pemerintah yang dikuasai ISIS. Serangan malam selama kurang lebih satu jam ini menewaskan puluhan teroris.

Pejabat Irak ini menyatakan, gedung yang digunakan ISIS sebagai pengadilan utama mereka juga telah direbut dari cengkeraman teroris. Itu adalah gedung tempat dikeluarkannya vonis-vonis kejam ISIS, seperti melemparkan orang-orang dari atap gedung.

Polisi Federal Irak juga mengumumkan, pertempuran di kawasan Dawasah dan sekitarnya selama dua hari telah menewaskan 135 teroris ISIS.

Menurut laporan, dalam operasi ini pasukan Irak meledakkan 24 mobil yang dipasangi bom, 156 bom jebakan, dan bom-bom di pinggir jalanan.

Berdasarkan laporan yang dikutip situs al-Ilam al-Harbi dari Abdul Amir Rashid, Komandan Operasi Bersama di Nineveh, serangan udara pasukan Irak menewaskan sejumlah anggota teroris dan menghancurkan tiga bengkel pemasangan bom mobil.

Situs ini mengabarkan, dua gudang persenjataan dan logistik militer serta dua pusat komunikasi ISIS juga luluh lantak akibat serangan udara ini. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL