Arbil,LiputanIslam.com-Partai-partai politik Kurdistan Irak melalui statemen bersama menyatakan, mereka menyambut baik pandangan Ayatullah Sistani untuk perundingan damai terkait referendum.

Para tokoh politik Kurdistan menegaskan, pandangan Ayatullah Sistani sejalan dengan sikap mereka untuk menyelesaikan perselisihan dengan Baghdad melalui jalur damai.

“Kehendak Ayatullah Sistani adalah langkah penting untuk menjaga perdamaian, keamanan sosial, dan menghindarkan kekerasan,”demikian pernyataan politisi Kurdistan dalam rapat umum Minggu kemarin (1/10).

Wakil Ayatullah Sistani dalam khotbah Jumat lalu mengatakan, semua pihak harus menahan diri dan mengutamakan prinsip di atas kekerasan. Menurut Ahmad al-Shafi, prinsip ini terinspirasi dari kebangkitan Imam Husain, cucu Rasulullah saw.

Al-Shafi juga meminta agar pemerintah Baghdad dan parlemen memerhatikan kepentingan etnis Kurdi dalam kebijakan-kebijakan yang diambil.

Dalam statemen bersama itu, partai-partai Kurdistan menyatakan kesiapan untuk berunding secara serius dengan Baghdad. Menurut mereka, dialog adalah solusi utama untuk menciptakan persaudaraan dan mewujudkan kepentingan bersama.

“Selain itu, dilaog juga melenyapkan kebencian dan rasisme yang muncul akibat perselisihan politik di Irak,”pungkas mereka. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL